Home Kota Metro Pemkot Metro terima Bantuan dari SNV

Pemkot Metro terima Bantuan dari SNV

146
0

Kota Metro, (titikfocus) – Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) berikan alat cuci tangan pakai sabun kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, berlangsung di Ruang Kerja Wali Kota setempat, Kamis (24/09/2020).

Dengan diwakilkan oleh I Nyoman Suartana, kunjungan SNV disambut dengan baik. Kedatangan mereka bertujuan untuk memberikan bantuan berupa alat cuci tangan pakai sabun serta mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan Tahun 2030, khususnya indikator 6 yaitu air bersih dan sanitasi.

Perwakilan SNV I Nyoman Suartana Metro menyampaikan bahwa, kota pertama di Provinsi Lampung yang telah menyandang status sebagai ODF atau bebas buang air besar sembarangan adalah Kota Metro. Kondisi ini menunjukan bahwa pemerintah memiliki komitmen yang kuat untuk menyelesaikan permasalahan sanitasi dan juga menjamin kesehatan masyarakat sehingga mampu meningkatkan perilaku masyarakat akan hidup sehat dan bersih.

Selanjutnya, perwakilan SNV Indonesia juga memaparkan bahwa sejak tahun 2018 telah aktif dengan target yang didistribusikan oleh pemerintah provinsi untuk sanitasi layak sebesar 95% dan 12% sanitasi aman. Selain itu, kondisi saat ini sanitasi layak Kota Metro berdasarkan SMART STBM adalah 91% dan 3% yang berdasarkan data base line SNV tahun 2018. “Program akan dilakukan selama 5 tahun dan dilaksanakan di 6 negara yaitu Indonesia, Bangladesh, Nepal, Zambia, Tanzania, dan Ethiopia,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Metro Achmad Pairin juga berharap, bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Bumi Sai Wawai.

“Saya berharap, bantuan alat cuci tangan pakai sabun ini bisa bermanfaat bagi seluruh warga Kota Metro, serta Pemkot Metro juga akan menindaklanjuti harapan SNV mengenai program layanan lumpur tinja terjadwal (LLTT) sehingga dapat mendorong peningkatan volume lumpur tinja yang dibuang ke IPLT serta memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat Kota Metro,” tutur Pairin. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here