Home Kesehatan Rochayani Jabat Ketua IBI Kota Metro

Rochayani Jabat Ketua IBI Kota Metro

169
0

Kota Metro, (titikfocus) – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Metro menggelar pengukuhan pengurusan tahun 2018-2023 di Wisma Haji Al-Khairiyah kota setempat, Kamis (25/03/2021).

Diketahui Pengukuhan tersebut bertema Bidan garda terdepan mengawal kesehatan maternal neonatal melalui germas dan pelayanan berkualitas itu dengan program dengan misi mewujudkan kesehatan wanita dan anak, dengan organisasi dan penguatan dalan bidang IT komunikasi, konsolidasi.

“Saya sudah menegaskan kepada seluruh bidan di Kota Metro agar lebih baik lagi dalam melayani masyarakat dan tidak ada keterlambatan merujuj, dan untuk dalam masalah kekerasan dalam wanita dan anak kami juga ikut andil dalam memberikan masukan psikologis kepada wanita khususnya yang hendak menikah dan kita juga sudah bekerja sama dengan departemen agama, dinas kesehatan dan lainnya,” terang Rochayani S.ST, M.Kes, selaku Ketua IBI Kota Metro Terpilih masa bakti 2018 – 2023.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan bahwa bidan merupakan garda terdepan dalam hal stunting.

“Untuk program stunting justru kami lah sebagai bidan adalah garda terdepan, dan perlu diingat bahwa harus ada penanganan 0 (nol) bulan dalam kandungan bukanya sesudah dilahirkan, dan yang akan diberikan kepada ibu hamil kami sudah bekerja sama dengan seluruh puskesmas dan bidan di Kota Metro dan dan untuk item yang akan diberikan adalah Suplemen nutrisi, vitamin, tablet tambah darah yang harus diberikan 90 butir tablet setelah melahirkan tentu juga dengan pantauan bidan yang menangani,” jelas Rochayani.

Sementara Wali Kota Metro, dr. Wahdi mengatakan, bahwa Pemkot Metro mengapresiasi seluruh bidan di Bumi Sai Wawai, tentu ikut bersinergi dalam pembangunan Kota Metro, dan untuk kedepannya akan ada Perda yang akan dikeluarkan mengenai keselamatan ibu dan anak. Terkait stunting di Kota Metro terhitung rendah, dan kota tersebut merupakan penyanggah bagi Kabupaten dan Kota lain, serta mengharuskan adanya perbaikan dalam kasus keterlambatan, dan sinergitas antara Pemkot Metro, IBI, IDI, dan Dinas Kesehatan.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh bidan yang ada di Kota Metro yang telah ikut serta dalam membantu membangun Kota Metro menjadi lebih baik khususnya dalam bidang kesehatan, seperti yang kita lihat bahwa data statistik sekarang kasus kematian akibat stunting dan penyakit lain terbilang lebih rendah dari 15 Kabupaten dan Kota lain tentu kita berharap agar adanya kerja sama antara IBI Kota Metro dengan cabang lain agar tidak adanya keterlambatan dalam penanganan kesehatan yang ada, dan kedepannya kami akan mengeluarkan Perda mengenai jaringan masyarakat terhadap ibu dan anak, agar adanya perhatian khusus terhadap ibu dan anak kedepanya,” tandasnya. (Sal/Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here