Home Kesehatan Sesuai Visi, RSU A. Yani Metro Bersiap Menuju Rumah Sakit Pendidikan

Sesuai Visi, RSU A. Yani Metro Bersiap Menuju Rumah Sakit Pendidikan

0

Kota Metro, (titikfocus) – Rumah Sakit Umum Ahmad Yani (RSU AY) Kota Metro siap menuju Rumah Sakit pendidikan, lantaran adanya Visitasi Universitas Malahayati Lampung yang berlangsung di Gedung Rumah Sakit setempat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Selasa (06/04/2021).

Dengan didampingi sejumlah Dosen, Rektor Universitas Malahayati Lampung, Dr. dr. Ahmad Farid meninjau kesiapan dari RS A.Yani untuk menuju Rumah Sakit pendidikan, peninjauan tersebut mencakup fasilitas, bagian atau ruang praktik, dan juga kesiapan lapangan dan juga dilihat dari lingkungan sendiri jelas Ahmad Farid.

“Kami mengunjungi RS A Yani dalam rangka meninjau lanjut kesiapan dari mulai fasilitas sarana dan prasarana, ruang yang akan digunakan dalam praktik, perpus, sampai lingkungan sekitar, dan saya sendiri merasa cocok dan layak sebagai lingkungan sebagai Kota pendidikan Kota Metro, dan perlu diingat bahwa lingkungan itu memengaruhi untuk pendidikan, sebagai contohnya di Kota Medan yang seharusnya mahasiswa sudah selesai hanya dalam 18 bulan tetapi tidak sedikit yang sampai 20 bulan begitu juga dengan Kota besar lainya,dan yang harus dilengkapi hanya sebagian kecil dari SDM maupun fasilitas,” jelas Ahmad Farid.

Menurut Wali Kota dr. Wahdi, Rumah Sakit A. Yani tersebut memiliki sejarahnya sendiri dalam bidang pendidikan yang dapat kita ingat pada tahun 2008 dan pada tahun 2012 menjadi Rumah sakit pendidikan utama, dan untuk waktu terdekat akan kembali menjadi rumah sakit pendidikan dengan adanya Visitasi Universitas Malahayati Lampung.

“Pemerintah Kota Metro sangat mendukung adanya Rumah sakit Pendidikan ini dan A. Yani ini juga sudah memiliki sejarah sejak 2008 sudah masuk mahasiswa dari fakultas kedokteran UNILA dan pada 2012 menjadi Rumah sakit pendidikan utama UNILA, yang terpenting adalah kesiapan SDM-nya sendiri dan yang lain saya nilai sudah siap,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Direktur Rumah Sakit Umum A.Yani Kota Metro, dr. Fitri Agustina menerangkan, bahwa RS A. Yani dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan Universitas Malahayati Lampung, guna mendidik mahasiswa fakultas kedokteran yang ada. Dengan harapan, menuju rumah sakit pendidikan utama yang selaras dengan visi daerah Kota Metro dan visi RS A. Yani, yakni sebagai rumah sakit unggulan dalam pelayanan dan pendidikan.

“RSU A. Yani kedepannya dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan Universitas Malahayati Lampung, dalam mendidik mahasiswa Fakultas kedokteran dan insya Allah akan menuju RS Pendidikan Utama sesuai dengan visi Kota Metro dan visi RSU A. Yani, yaitu sebagai ru ah sakit unggulan dalam pelayanan dan pendidikan,” tutur Fitri. (Sal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here