Home Kab. Lampung Timur Lapor Presiden, Ratusan KK Di Girimulyo Lampung Timur Tak Ada KWH Listrik

Lapor Presiden, Ratusan KK Di Girimulyo Lampung Timur Tak Ada KWH Listrik

309
0

Lampung Timur, (titikfocus) – Saat ini, listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam aktivitas sehari-hari. Terlebih, hampir semua kegiatan memanfaatkan energi listrik. Bahkan sudah ada beberapa inovasi teknologi yang memanfaatkan energi surya sebagai sumber utama listrik. Mengingat pentingnya akan kebutuhan listrik tersebut sudah seharusnya listrik tidak hanya terdapat di kota-kota besar, tetapi perlu juga listrik masuk desa.

Berbicara mengenai listrik masuk desa terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh untuk masyarakat. Sebab, pada Tanggal (03/04/2020), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), meminta jajaran kabinetnya menyelesaikan program listrik bagi desa se-Indonesia.

Masih Terdapat 433 desa di Indonesia yang belum teraliri listrik. Salah satunya adalah Desa Girimulyo Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Hal ini mendapat sorotan dari relawan Jokowi provinsi Lampung, Endang.
Ia menyampaikan sangat prihatin dengan warga yang menempati Desa Girimulyo yang jauh dari rasa keadilan hanya hanya status lahan yang klaim masuk kawasan register 38 gunung balak.

”Jika melihat keadaan Desa Girimulyo, harusnya sudah bukan wilayah register lagi, dan pemerintah segera rubah status kawasan jadi pemukiman Desa/Hak milik mengingat banyak yang sudah ada di desa ini, dari Fasum hingga Fasos. Dan ditambah lagi adanya dana desa yang masuk di desa tersebut.”ucapnya, Minggu (06/03).

Mengenai program Presiden Jokowi masuk Desa, Endang  para pejabat seyogyanya dapat membayangkan bagaimana perasaan rakyat, dengan tidak ada listrok dan sinyal handphone.

”Bayangkan, jika para pejabat di posisi mereka (rakyat, red) Girimulyo, seperti apa dan bagaimana rasanya, sudah enggak ada listrik, dan enggak ada sinyal HP. Seharusnya pemerintah jangan terlalu egois dengan tidak di bolehkah penyaluran listrik dengan alasan Girimulyo masuk wilayah register, kalau mau bicara register, kenapa sudah banyak register di Lampung yang sudah masuk aliran listrik, contoh wilayah register 40 gedung wani, Wilayah register 37 Way Kibang, wilayah register 45b bukit rigis mereka juga tinggal di wilayah register, tapi dapat menikmati aliran listrik, tapi kenapa warga Desa Girimulyo tidak bisa seperti mereka pada umumnya,” terang Endang.

Lanjutnya, dia juga mempertanyakan kepada pejabat desa maupun pemerintah kabupaten setempat, program Jokowi soal Listrik Masuk Desa tidak berjalan di Desa Girimulyo.

”Jika ada pun yang mempunyai listrik, rakyat mengunakan cara penyaluran dari tetangga yang mempunyai kWh dan rakyat tidak segan-segan mengambil listrik dari kabel utama. Ada apa dengan Desa Girimulyo, sehingga Program Jokowi soal Listrik masuk Desa tidak berjalan dengan mulus,” tutupnya.

Hal senada dilontarkan oleh seorang warga Desa Girimulyo, bahwa di desanya tidak bisa memasang listrik, sebab wilayah setempat diklaim sebagai wilayah register.

“Iya benar di Desa kami tidak bisa dipasang listrik, karena di klaim masuk wilayah register, tapi jika memang wilayah register tidak boleh membangun apa pun, kenapa Desa kami ada Dana Desa, ada Pemilu, Pilkada, Pileq dan Pilkades, serta ada pembangunan Desa. Sebab, ada juga wilayah register lainnya yang bisa menikmati aliran listrik, yakni register 40 Gedong Wani,” keluhnya.

Girimulyo merupakan Desa yang memiliki penghasil buah di Provinsi Lampung, seperti buah Alpukat Siger, yang sudah tidak asing lagi bagi penikmat buah-buahan. Selain penghasil alpukat, Desa Girimulyo mempunyai objek wisata goa pandan, terletak tidak jauh dari Balai Desa setempat.

Desa Girimulyo Berada di Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) Provinsi Lampung, dengan Jumlah kuasa wilayah 5.325,03 km² ( BPS 2021 ). Jumlah Penduduk = 1.113.976 (DKCS 2021) Kode Wilayah Administrasi = 18.07. Dasar Hukum = Undang-Undang RI No. 12 Tahun 1999, Tgl. 20-04-1999. (Red/En).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here