Home Kota Metro Ketua PWI Metro Dorong Profesionalitas Anggotanya

Ketua PWI Metro Dorong Profesionalitas Anggotanya

63
0

Kota Metro, (titikfocus) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro melepas sebanyak lima orang anggotanya untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-26 yang diselenggarakan PWI Provinsi Lampung.

Ketua PWI Kota Metro, Rino Panduwinata mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendorong profesionalitas insan Pers khususnya yang menjadi anggota PWI di Bumi Sai Wawai.

“Mengikutsertakan anggota PWI Kota Metro untuk UKW adalah komitmen kami dalam rangka mendorong profesionalitas wartawan khususnya saat berada di lapangan. Dengan UKW maka akan memperkuat status mereka di lapangan, dan bekerja lebih profesional sesuai dengan kode etik jurnalistik,” kata Rino, usai melepas peserta UKW asal Metro, di Sekretariat PWI Kota setempat, Rabu (23/03).

Ia berharap, seluruh anggota PWI yang dinyatakan lulus UKW nantinya dapat bekerja sesuai amanat undang-undang dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Selain itu kita berharap, setelah mengikuti UKW, wartawan anggota PWI di lapangan akan semakin paham tugas pokok dan fungsinya sebagaimana amanat undang-undang nomor 40 tahun 1999 Tetang Pers,” ujarnya.

Rino mengungkapkan, kelima wartawan Metro yang berangkat mengikuti UKW angkatan ke-26 terdiri atas dua wartawan mengikuti jenjang Muda, satu jenjang Madya dan dua lainnya mengikuti jenjang Utama.

“Alhamdulillah, awal tahun ini lima orang anggota PWI Kota Metro akan mengikuti UKW di semua jenjang. Tentunya, kami PWI Metro berharap seluruh peserta dari sini dapat lulus dengan predikat baik serta tentunya akan menambah daftar anggota PWI di Metro yang menyandang status kompeten,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, seorang peserta UKW asal Metro menjelaskan, pelaksanaan UKW akan berlangsung selama 3 hari. Mulai Kamis 24 hingga Sabtu 26 Maret 2022.

“Untuk jadwal UKW itu dimulai dari pra UKW pada hari Kamis tanggal 24 Maret, lalu pelaksanaan UKW itu sendiri yang berlangsung dua hari, mulai tanggal 25 sampai 26. Jadi totalnya 3 hari,” ucap Fredy.

Calon peserta UKW jenjang Utama tersebut juga mengungkapkan, sejumlah persiapan penguasaan materi telah dipelajari. Ia berharap seluruh peserta UKW asal Metro dapat lulus dan membawa harum nama PWI Bumi Sai Wawai.

“Insya Allah kami sudah mempelajari seluruh materi-materi UKW, termasuk beberapa materi baru dari dewan Pers. Pada prinsipnya kami siap mengikuti UKW dan menjalankan tugas dari para penguji profesional Dewan Pers,” tandasnya.

Dari catatan media, kelima peserta UKW asal Metro masing-masing ialah Arby Pratama seorang jurnalis Kupas Tuntas Grup dan Fredy Kurniawan Sandi yang merupakan jurnalistik Metro Deadline. Keduanya dijadwalkan mengikuti UKW jenjang Utama.

Kemudian untuk jenjang Madya ialah Gatot Subroto, seorang jurnalis media online A1bos, Dua peserta lainnya yang mengikuti UKW jenjang Muda ialah Martin Pasuko Dewi, jurnalis LampungTV dan Andriyo, jurnalis Harian Momentum.

Dari data yang dihimpun pertanggal (23/3/2022), PWI Kota Metro memiliki sebanyak 54 anggota dengan status kompeten Muda sebanyak 21 wartawan, kompeten Madya 12 wartawan dan kompeten Utama sebanyak 5 wartawan.

Sementara 16 (enam belas) orang wartawan sisanya berstatus calon anggota (CA). Diharapkan, seluruh peserta UKW asal Metro dapat lulus dengan predikat baik, sehingga menambah daftar anggota berstatus kompeten. (Pwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here