Home Kesehatan BINDA Lampung Dan Dinkes Percepat Vaksinasi Booster Di Kota Metro

BINDA Lampung Dan Dinkes Percepat Vaksinasi Booster Di Kota Metro

0

Lampung, Kota Metro, (titikfocus) – Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Lampung bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung hingga Kabupaten/Kota serta Puskesmas di daerah, menggencarkan vaksinasi serentak di semua Kabupaten dan Kota Provinsi Lampung, termasuk di Kota Metro. Verifikasi menyasar semua kategori usia masyarakat, meliputi remaja, dewasa dan lansia. Sementara, saat ini telah muncul varian baru yakni Omicron BA.4 dan BA.5. Binda Lampung berupaya mencegah penyebaran varian baru Covid-19 tersebut.

“Presiden Joko Widodo meminta BIN melanjutkan percepatan vaksinasi dengan target seluruh lapisan masyarakat. Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo tersebut, Kepala BIN Bapak Jenderal Pol. (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H. M.Si memerintahkan seluruh Binda untuk melakukan vaksinasi dengan target 40 juta dosis di seluruh Indonesia, termasuk Binda Lampung dengan 1.440.000 dosis hingga akhir tahun 2022” ujar Kabinda Lampung Harseno, Jum’at (29/07).

Kabinda Lampung menjelaskan, bahwa saat ini sudah muncul varian baru dari Covid-19 yakni Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia, sedangkan di Provinsi Lampung masih belum ditemukan. Meskipun para ahli kesehatan menerangkan jika varian baru tersebut tidak memiliki bahaya seperti varian sebelumnya, Binda Lampung tetap mengantisipasi munculnya varian lain yang lebih berbahaya. Hal ini mendorong Binda Lampung untuk menggencarkan vaksinasi terutama pada vaksin ketiga (Booster) yang capaian masih rendah di Provinsi Lampung.

“Pemerintah telah melonggarkan penggunaan masker saat berada di luar terbuka yang tidak ramai, tetapi vaksinasi terus kita lakukan agar kualitas kekebalan komunal masyarakat semakin meningkat, dan Alhamdulillah untuk Provinsi Lampung sudah mencapai target dari Presiden yaitu vaksin kedua sebesar 72,59 persen, sedangkan vaksin ketiga masih 13,16 persen. Kita harus kejar capaian vaksinasi ketiga, sehingga proses transisi pandemi ke endemi dapat berjalan sesuai dengan harapan dan masyarakat dapat beraktivitas dengan lebih nyaman dan aman di masa kehidupan semakin mendekati normal saat ini,” kata Kabinda Lampung.

“Binda Lampung mengharapkan, kesadaran masyarakat di Provinsi Lampung bahwa vaksinasi hingga dosis ketiga sangatlah penting, sebagai penguatan kekebalan imunitas masyarakat serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Setidaknya dengan memakai masker dan mencuci tangan,” tutup Harseno Kabinda Lampung.

Binda Lampung bersama Pemkot dan Dinas Kesehatan Kota Metro, setiap harinya melaksanakan vaksinasi Dosis 1, Dosis 2, dan Booster. Masyarakat Kota Metro sangat antusias mengikuti vaksinasi, karena masyarakat sadar bahwa dengan vaksinasi dapat meningkatkan herd immunity, agar terhindar dari Covid-19.

Walikota Metro Wahdi dan Kadis Kesehatan Kota Metro Erla sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada Binda Lampung, karena secara gencar setiap hari melaksanakan Vaksinasi Covid-19 di Kota Metro. Bahkan, vaksinasi diselenggarakan di wilayah ujung Kota Metro yang berbatasan dengan kabupaten lain.

Masyarakat Kota Metro mengucapkan banyak terimakasih kepada Presiden Joko Widodo, Kepala BIN, Kabinda Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaedi, dan Wali Kota Metro, karena sudah divaksin booster. Serta, sangat mengapresiasi atas langkah percepatan vaksinasi booster oleh BINDA Lampung khususnya di Kota Metro dan umumnya di Provinsi Lampung. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here