Home Kota Metro Pemkot Metro Gelar Operasi Pasar Bahan Pokok Murah

Pemkot Metro Gelar Operasi Pasar Bahan Pokok Murah

0

Lampung, Kota Metro, (titikfocus) – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Perdagangan (Disdag) setempat menggelar operasi pasar bahan pokok murah, berlangsung di Samber Park, Selasa (08/11).

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, operasi pasar ini dilaksanakan untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok dan menjaga daya beli masyarakat.

“Penjualan bahan pokok di bawah harga edaran tertinggi (HET) ini menjadi langkah Pemkot Metro menjaga daya beli masyarakat sekaligus menekan inflasi,” ucapnya.

Wahdi mengajak para pengusaha untuk bersama-sama bersinergi membantu masyarakat, berkolaborasi dalam kegiatan semacam itu dengan Pemkot Metro.

‘‘Siapa pun juga, pebisnis atau apa pun yang punya kelebihan, mau sama-sama membantu masyarakat, ayo. Alhamdulillah Metro terjaga inflasinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro, Elmanani memastikan bahwa kegiatan itu ke depan akan dilakukan secara berkala.

“Nanti akan ada lagi, operasi pasar bakal dilakukan lagi secara berkala untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok.

Menurutnya, bahan pokok yang dijual yaitu beras, gula, cabai, minyak goreng, bawang putih dan bawang merah dengan selisih harga 30 persen dari harga di pasar.

“Penjualan barang di sini ini dibanderol dengan harga grosir lho,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk harga paket sembako yang dijual yaitu Bawang Putih Rp13 ribu per kilogram, Bawang Merah Rp15 ribu per kilogram, Cabai Merah Rp10.500 per kilogram, minyak goreng Rp10 ribu per liter, Gula Pasir Rp8.500 per kilogram, telur Rp17 ribu per kilogram, tepung terigu Rp7 ribu per kilogram serta beras premium Rp38.500 per 5 Kilogram.

Harga yang dijual dalam penetrasi pasar tersebut lebih murah dibandingkan harga pasaran yang mana per Selasa (08/11) untuk Bawang Merah seharga Rp28 ribu per kilogram, bawang putih Rp25 ribu per kilogram, Cabai Merah Rp30 ribu per kilogram dan minyak goreng kemasan Rp16 ribu per liter.

Kemudian untuk gula pasir seharga Rp13 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp27 ribu per kilogram, tepung terigu Rp12.500 per kilogram dan beras premium Rp12 ribu per kilogram. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here