Home Kota Metro Gelar Ulang, Robby : Jalan Capit Urang Bisa Bertahan Lima Tahun

Gelar Ulang, Robby : Jalan Capit Urang Bisa Bertahan Lima Tahun

0

Lampung, Kota Metro, (titikfocus) — Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Metro menilai ketahanan jalan menuju wisata Capit Urang setelah digelar ulang, dapat bertahan hingga lima tahun.

Menurut pantauan media, proyek peningkatan Jalan Capit Urang yang berada di RT 52 RW 12, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara tersebut menggunakan lapisan tipis aspal beton (Lataston) yang dikerjakan oleh CV Multi Usaha Sipil dengan anggaran Rp 199.803.000.

Kepala Dinas PUTR Kota Metro, Robby Kurniawan Saputra mengatakan, dengan diperbaikinya jalan menuju wisata Capit Urang dapat bertahan lama sesuai dengan fungsinya.

“Ketahanannya semaksimal mungkin. Paling tidak, bisa bertahan lima tahun. Jika jalan ini rusak diluar target, maka nanti ada pemeliharaan,” ungkapnya, Minggu (20/11).

Dia menambahkan, ketahanan jalan ini sesuai dengan fungsi dan kendaraan yang melintas. Menurutnya, lalulintas yang melewati jalan tersebut tidak terlalu padat.

“Laju harian nya masih terpantau. Kalau jalan ini dilewati mobil berat seperti dumtruk jelas ini bukan kelasnya. Karena ini kan akses wisata, maka bisa diprediksi awet dan sesuai dengan kendaraan yang melintas,” tambahnya

Kendati demikian, meskipun lalulintas di Jalan Capit Urang tidak begitu ramai, dalam pengerjaan proyek tersebut harus tetap secara maksimal. Apalagi, sebelumnya warga telah memprotes hasil pengerjaan sebelumnya yang dinilai tipis dan tidak masuk akal.

Kemudian, Pemerintah setempat telah meminta rekanan untuk menggelar ulang pengerjaan proyek sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Kemarin memang belum diterima oleh kami (Dinas). Jadi saya belum tau ketebalan aspal tersebut. Tapi yang jelas, sesuai dengan RAP ketebalan nya 3 centimeter dengan lebar 3 meter dan panjangnya 327 meter,” jelas Robby.

“Gelar ulang ini juga seperti apa yang disampaikan waktu lalu. Kita telah komunikasi dengan pihak rekanan, sehingga hari ini akan digelar ulang,” lanjutnya.

Dia mengaku, pihaknya telah meminta untuk digelar ulang pada pekan lalu. Namun, terkendala oleh cuaca sehingga bisa dilakukan pada Minggu ini.

“Pekerjaan ini kan tergantung cuaca. Kalau cuaca nya cerah dan terang baru bisa dilaksanakan. Kemarin itu belum bisa dan faktor alam yang membuat ini tertunda,” tandasnya. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here