Home Ekonomi BICHARI Hadir Di Surabaya, Mbak Sari Bantu Para Pelaku UMKM

BICHARI Hadir Di Surabaya, Mbak Sari Bantu Para Pelaku UMKM

0

Foto : Ketua BICHARI, Yulya Chandra Khartika Sari, saat diskusi bersama Para Anggota.

Surabaya, (titikfocus) – Naik dan turunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya peran UMKM. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4, UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Negara.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi.

Tingginya jumlah UMKM di Indonesia tidak terlepas dari berbagai tantangan serta kondisi pandemi Covid-19 yang mendorong perubahan pada pola konsumsi barang dan jasa menjadi momentum untuk mengakselerasi transformasi digital.

Berkat dukungan dan perjuangan bersama, para pelaku UMKM Kota Surabaya telah membentuk perkumpulan dengan tujuan sebagai wadah diskusi kemajuan produksi pada Tahun 2022 yang bernama BICHARI, dengan diketuai oleh Yulya Chandra Khartika Sari. Menurut Sari (sapaan akrab, red), dirinya membentuk perkumpulan UMKM Kota Surabaya, agar para pelaku UMKM kedepan dapat lebih bersemangat untuk meningkatkan taraf hidupnya.

“Saya berniat sekali untuk membantu para pelaku UMKM Kota Surabaya dan insya Allah berkat dukungan teman-teman dan ridho dari Allah saya bisa membantu permodalan dan memberikan solusi, apa yang selama ini menjadi kendala para pelaku UMKM. Terlebih lagi, pasca pandemi covid-19 telah memporak-poranda ekonomi masyakarat,” ungkapnya kepada media, Minggu (05/02).

Lanjutnya, pihaknya juga telah memiliki puluhan anggota yang akan aktif tersebar di sejumlah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.

“Saat ini kita sudah mempunyai puluhan anggota dan akan terus merambah di beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur, kami juga meminta dukungan pemerintah pusat hingga daerah, agar program kerja kami untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dapat berjalan lancar dan sukses untuk jangka panjang,” tambah Sari.

Sementara, perwakilan dari BICHARI mengucapkan terimakasihnya kepada Ketuanya. Sebab, pelaku UMKM di Surabaya sejauh ini telah banyak dibantu dari wadah, modal hingga pemasaran produk.

“Kami banyak berterimakasih kepada ibu Sari yang telah memberikan kami wadah perkumpulan UMKM Kota Surabaya, yang dimana selama ini kami telah banyak dibantu, baik dari permodalan, akses untuk memperkenalkan produk makanan yang kami buat serta bimbingan lainnya. Oleh sebab itu, kami berharap hal ini terus di lakukan trobosan-trobosan langkah untuk mengembangkan UMKM kami pasca pandemi covdi-19.

Semoga di bawah kepemimpinan ibu sari, wadah perkumpulan UMKM ini terus berkembang dan jaya untuk meningkatkan taraf hidup pelaku UMKM di Kota Surabaya,” jelasnya. (Rm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here