Home Kota Metro Perdalam Soal Jurnalistik, Puluhan Mahasiswa Ikuti Workshop

Perdalam Soal Jurnalistik, Puluhan Mahasiswa Ikuti Workshop

0

Lampung, Kota Metro, (titikfocus) – Penasihat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro dan juga sebagai penasihat SMSI Kota Metro, Abdul Wahab, menjadi pemateri dalam Workshop Jurnalistik Mahasiswa di Gedung Munaqosyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Rabu, (05/04/).

Pada kesempatan itu, Abdul Wahab menjelaskan keterkaitan desain grafis dan fotografi terhadap kaidah jurnalistik. Menurutnya, foto yang layak digunakan untuk sebuah berita adalah foto yang mampu mengabstraksikan gagasan atau sudut pandang pemberitaan.

“Jadi, bukan sembarang foto yang dipakai untuk berita, melainkan adalah foto yang bisa menceritakan sesuatu permberitaan dimaksud. Gambar yang memuat pesan tersirat dari sudut pandang atau angle berita,” papar Ketua PWI Metro, periode 2018-2021 itu.

Sedangkan soal desain grafis, lanjutnya, biasanya digunakan untuk membuat suatu ilustrasi dari sebuah kejadian atau peristiwa, yang berupa gambar.

“Desain grafis itu singkatnya adalah suatu komunikasi visual yang biasanya diramu di meja redaksi oleh sesorang yang khusus menangani desain dan layout dalam perusahaan pers. Dalam desain grafis, tulisan atau teks itu juga bisa dianggap gambar, karena huruf-huruf itu juga kan memang hasil visualisasi, simbol yang bisa dibunyikan,” jelasnya.

Usai menyampaikan materi jurnalistik kepada sejumlah mahasiswa, Wahab juga membagikan cindera mata berupa majalah bertajuk “DeJourney”. Menurut Wahab, Majalah DeJourney itu merupakan suatu karya jurnalistik yang kaya akan ilmu tulisan dan desain grafis serta fotografi yang ideal dalam suatu karya jurnalistik.

“ Silakan dibuka, baca dan pelajari. Di dalamnya itu banyak sekali karya jurnalistik orisinil yang saya anggap memiliki desain grafis dan fotografi yang berkualitas,” tukasnya.

Sementara, Rektor IAIN Metro Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag., berterimakasih kepada para Narasumber yang telah menyempatkan hadir dalam workshop tersebut. Pasalnya, kegiatan semacam ini sangat peting guna menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan para mahasiswa khususnya bidang studi Komunikasi.

” Saya berharap Rekan- rekan narasumber dapat memaparkan dan berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa, agar kelak mereka memiliki bekal menghadapi dunia kerja ke depannya,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan Workshop Jurnalistik Mahasiswa itu berlangsung di tiga tempat di IAIN Metro. Selain Abdul Wahab, lima orang pemateri jurnalis lainnya di Bumi Sai Wawai itu juga turut hadir sebagai pemateri, yakni Naim Emel Prahana, Suprayogi, Gatot Subroto, Ali Imron Muslim dan Bambang Hermanto. (Rls).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here