Home Kota Metro Terima Study Banding TPID Pemkab Mesuji, ini Kata Sekda Kota Metro

Terima Study Banding TPID Pemkab Mesuji, ini Kata Sekda Kota Metro

0

Lampung, Kota Metro, (titikfocus) – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menjadi tempat Study Banding Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Mesuji yang berlangsung di OR Setda Kota Metro, Jum’at (19/01).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Mesuji Drs. Indra Kusuma Wijaya, M.M menyampaikan tujuan kedatangannya beserta rombongan ke Kota Metro untuk berbagi pengalaman yang dilakukan dalam pengendalian inflasi daerah.

“Kota Metro adalah kota tua yang dinilai sangat luar biasa dalam melakukan pengendalian inflasi,” ujarnya.

Indra juga menuturkan bahwa ada 2 hal yang ingin dipelajari Kabupaten Mesuji di Kota Metro dalam sistem pengendalian inflasi, yaitu stabilitas pasokan dan menjaga stabilitas harga yang dinilai sangat penting untuk dipelajari dari Kota Metro.

“Saat ini harga cabai dipasaran cukup rendah, dimana harga cabai di petani cuma Rp.15.000/kg yang juga menjadi persoalan di para petani, sehingga kami ingin belajar di Kota Metro terkait inflasi. Terutama yang berkaitan dengan pasokan dan yang kedua adalah stabilitas harga,” bebernya.

Menurutnya, Kota Metro merupakan kota yang mempunyai strategi yang cukup baik dalam pengendalian pasokan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selanjutnya, Indra juga mengatakan keinginannya untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Metro dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Mesuji melalui produsen, distributor, dan pengecer yang ada di Kota Metro.

Sementara itu dalam menanggapi kunjungan ini, Sekretaris Daerah Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, mengatakan mudah-mudahan melalui kunjungan yang dilakukan bisa menjadi sarana menjalin silaturahmi antara Pemerintah Kota Metro dan Pemerintah Kabupaten Mesuji, serta dapat meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antar kedua wilayah.

“Salah satunya upaya yang kita lakukan yaitu, menumbuhkan inspirasi, inovasi serta sebagai wujud kesungguhan kita untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.

melakukan capacity building yaitu kerjasama dengan para petani dan pengusaha bawang merah yang ada di Kabupaten Brebes yang dilakukan pada tanggal 3 sampai 5 Mei 2023, guna memastikan stok bawang merah di Kota Metro dapat terkendali dimana kegiatan tersebut difasilitasi oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung ,”jelasnya.

Diakhir pertemuan, Bangkit berharap Pemerintah Kota Metro maupun Pemerintah Kabupaten Mesuji dapat sama-sama mengambil manfaat yang didapatkan dari Study Banding yang dilakukan. Sehingga kedepannya kerjasama dan kolaborasi terkait dengan strategi pengendalian inflasi di kedua daerah dapat terus dilaksanakan dan terpelihara dengan baik. (Adv).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here