Home Kota Metro Sekda Metro Buka Safari Kelas Dongeng

Sekda Metro Buka Safari Kelas Dongeng

0

Lampung, Kota Metro, (titikfocus) – Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, membuka kegiatan Safari Kelas Dongeng bersama Awam Prakoso, yang berlangsung di Gedung Sesat Agung Kota Metro, Sabtu (24/02).

Dalam sambutannya, Bangkit Haryo Utomo, menyampaikan apresiasinya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Metro, atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Acara-acara seperti ini sebagai upaya kita para orang tua, para tokoh adat dan masyarakat, serta sebagai para tenaga pendidik dan kependidikan dalam pembentukan karakter anak-anak melalui metode dongeng,” katanya.

Menurutnya, dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa dan penuh khayalan yang tidak benar-benar terjadi pada masa lampau.

Tak luput, Bangkit juga menjelaskan sebagaimana fungsi dari dongeng sebagai hiburan dan juga untuk menyalurkan ilmu pengetahuan, isi materi dari dongeng hendaknya penuh dengan pelajaran moral, nilai-nilai kehidupan seperti kepatuhan, tawakal, keberanian, jujur, adil, rela berkorban, kebijaksanaan, kerja keras.

“Sehingga ketika nantinya dibacakan kepada anak-anak akan dapat merangsang dan menumbuhkan daya imajinatif, mengembangkan penalaran, menanamkan nilai-nilai kepedulian dan membedakan perbuatan baik-buruk serta mengajarkan akan rasa hormat dan kepercayaan diri,” ucapnya.

Bangkit berharap kita sebagai pendidik dan pemerhati anak-anak untuk dapat berupaya maksimal dalam memberikan pendidikan terbaik bagi generasi bangsa masa depan.Hal ini dikarenakan apa saja hal positif yang kita tanamkan kepada meraka akan sangat berguna bagi masa depan mereka.

“Tentunya juga kegiatan ini sejalan dengan apa yang menjadi Visi Kota Metro yaitu Terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya,” katanya.

Fauliza Septi Yustisia selaku Ketua Kampung Dongeng Kota Metro, mengatakan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini.

“Kami sangat bahagia dan bangga hari ini bisa berkumpul bertemu dengan ayah, bunda, bapak, ibu, guru dan kakak-kakak semua dalam acara safari kelas dongeng bersama kak Awam,” ucapnya.

Selanjutnya juga, Fauliza berharap kegiatan ini akan bermanfaat bagi semua terutama dalam menumbuhkan budaya literasi di Kota Metro menuju Gemerlang. (Adv).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here